Warga Belum Vaksin Covid

Mal atau pusat perbelanjaan yang diujicobakan untuk beroperasi sesuai kebijakan pemerintah pusat berada di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Sementara, pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi dan sepeda motor juga harus menunjukkan kartu vaksin dan STRP saat bepergian. Pemerintah mensyaratkan pelaku perjalanan minimal sudah melakukan vaksin covid-19 dosis pertama. Hasilnya, selama program bergulir Satgas mendapati ada sebanyak 1.015 orang yang berusaha mengakses aplikasi Peduli Lindungi untuk bisa masuk mal.

Jadi, tegas Oke, syarat wajib vaksin tidak dapat digantikan oleh hasil negatif tes swab antigen atau PCR. Hasil negatif antigen atau PCR hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang belum bisa melakukan vaksin karena alasan kesehatan. Menurutnya, semua syarat ini diwajibkan semata- mata untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Setiap orang yang hendak memasuki mal Grand Indonesia harus sudah divaksin minimal dosis pertama.

Pengelola GI pun telah memasang QR Code Peduli Lindungi di semua akses masuk, kemudian akan dicek oleh petugas keamanan untuk memastikan hanya pengunjung yang sudah divaksin yang diperbolehkan masik. Sejumlah pengunjung merasa ribet dengan kewajiban menunjukkan kartu vaksin dan memindai QR Codemenggunakan aplikasi PeduliLindungi ketika memasuki mal. Bagi yang belum/tidak bisa menjalani vaksinasi karena alasan kesehatan/penyintas Covid-19, wajib menunjukkan hasil tes Polymerase Chain Reaction dengan hasil negatif yang diambil maksimal 2×24 jam sebelum kedatangan. Bukti tes PCR swab wajib dilengkapi dengan QR code yang dapat diverifikasi secara digital.

Kementerian Perdagangan mengatakan kewajiban menunjukan bukti test PCR, antigen, dan kartu vaksin perlu untuk mengurangi penyebaran virus di ruang tertutup seperti mal. Mall juga dibatasi dengan kategori usia, di mana pengunjung yang berusia di bawah 12 tahun belum diperkenankan berkunjung ke mall karena belum di vaksin. Sedangkan untuk lansia yang berusia di atas 70 tahun, selama sudah mendapatkan vaksin minimal dosis pertama, dapat memasuki mall. “Pemerintah berencana memperluas penerapan pembukaan pusat perbelanjaan pada kabupaten kota stage 4 di Indonesia, meninjau penerapan kedisiplinan yang telah diterapkan dengan baik di lapangan,” pungkas Prof. Wiku. Ani mengharapkan, sosialisasi dilakukan agar masyarakat yang akan berkunjung tidak kecewa karena tidak bisa masuk ke dalam mal. Sementara General Manajer Pollux Mall Paragon Semarang Lie Jimmy mengatakan petugas di pintu masuk mal sudah disiapkan untuk membantu pengunjung yang datang.

Pada perpanjangan PPKM Level four yang berlaku hingga 23 Agustus mendatang, tingkat kapasitas pengunjung mal ditingkatkan mencapai 50% dari 25%. Sebagai syarat masuk mal juga harus menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama, diperkuat dengan verify in aplikasi ‘Peduli Lindungi’. Mal yang selalu diminati berbagai kalangan ini mulai 10 Agustus 2021 juga mewajibkan pengunjungnya menunjukan status vaksinasi sebelum memasuki area mal. Pengunjung diperbolehkan masuk mal Kota Kasablanka setelah melakukan vaksinasi, minimal dosis pertama. Untuk yang memiliki kendala melakukan vaksinasi, diharapkan bisa menunjukkan surat keterangan dari dokter.

SEPUTARTANGSEL.COM- Beberapa daerah akan mulai melakukan uji coba membuka mall atau pusat perbelanjaan untuk seminggu ke depan. Lalu, petugas mempersilakan masuk dengan memperlihatkan bukti vaksin yang sebelumnya sudah diunduh di aplikasi yang sama. Sistem ini memperlihatkan berapa jumlah pengunjung yang masuk sehingga dapat diketahui kapasitas saat itu juga.

Qhulxma