Rumus Break Even Level Bep Dan Simulasi Contoh Penghitungannya Disertai Program Excel

Dalam kondisi tersebut BEP perusahaan akan menjadi lebih besar dari sebelumnya. Alasannya biaya produksi perusahaan turut meningkat akibat demand yang semakin tinggi. Grafik ini dibuat dari titik potong grafik FC dengan sumbu vertikal ke kanan atas memotong grafik TR. Grafik TC ini diawali dari grafik FC karena titik TC adalah hasil penjumlahan biaya tetap dan biaya variabel . Saat itu perusahaan belum melakukan produksi, sehingga biaya totalnya sama dengan biaya tetap.

Sejarah berdiri, berisikan produk atau jasa yang menjadi bisnis, sumber daya dan goal jelas. Dengan membuat Bisnis Plan ini akan memberikan kemudahan untuk para pemilik usaha mengkoordinasi bisnisnya lebih mudah. Perencanaaan ini berisikan tulisan penjabaran mengenai segala hal kedepan tentang bisnis. Kedua menggambarkan garis biaya tetap sejajar dengan garis biaya variabel.

BEP kalau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan istilah “titik impas”. Bisa diartikan kalau Break Even Point adalah titik penjualan dalam suatu bisnis ketika hasil penjualan sama dengan total biaya . Rumus ini dapat membantu suatu perusahaan dalam mengetahui berapa unit jumlah barang/ jasa yang harus diproduksinya sehingga dapat mencapai titik impas. Sedangkan Break Even Point sedikit berbeda, ini adalah kondisi ketika usaha tidak untung tidak rugi.

Menghitung titik balik modal suatu usaha

Pertama-tama hitung terlebih dahulu jumlah handuk yang harus diproduksi supaya mencapai titik impas atau BEP. Ini berarti Sam perlu menjual lebih dari 1800 kaleng soda baru dalam sebulan, untuk mencapai titik impas. Setalah mengetahui proyeksi pendapatan dan total biaya tetap + variabel, anda hanya tinggal mengetahui nilai setoran modal awal anda.

Jadi, untuk mencapai titik BEP, martabak yang harus diproduksi ialah sebanyak 200 buah. Biaya variabel dapat mencakup bahan mentah untuk membuat produk, upah tenaga kerja per jam untuk menyediakan layanan, komisi penjualan, dan biaya pengiriman untuk mengirim unit ke pelanggan. Bahan analisis bagi perusahaan untuk mengetahui nilai jual beli saham, perencanaan anggaran dan proyeksi keuangan perusahaan. Perhitungan BEP bisa berlaku untuk satu produk, namun jika perusahaan memproduksi banyak produk maka diperlukan perimbangan hasil penjualan pada setiap produk.

Perusahaan dapat mengetahui berapa banyak penjualan yang dikurangi sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian. Untuk membuktikan apakah hitungan tersebut benar adalah dengan mengalikan unit BEP x harga jual per unit. Jadi untuk mendapatkan laba atau keuntungan sebanyak Rp. 100 juta, perusahaan tersebut harus dapat memproduksi sebanyak 1.200 unit smartphone. Cara menghitung rasiointerest coverageadalah membagi laba operasional dengan biaya bunga. Interest coverage ratio adalah indikasi kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban membayar hutang.

Qhulxma