Presiden Anugerahkan 6 Tokoh Pahlawan Nasional

Sebelum pandemi datang, kita terlena berada pada zona nyaman dimana kita menjalankan aktivitas dengan tenang, nyaman dan tekanan yang datang dapat dilewati dengan baik. Pandemi telah memaksa kita untuk berubah dan bergerak dari zona nyaman kita ke arah masa depan yang lebih baik apabila kita dapat beradaptasi dan mengembangkan diri dengan didukung semangat kepahlawanan. Semangat dari pahlawan tersebut dapat menjadi teladan kita untuk melewati tantangan dan berkontribusi bagi negeri. sebagai sarana untuk membangun kesadaran guna menjaga dan merawat nilai-nilai perjuangan dalam kehidupan kita. Sikap yang tulus kepada sesama tanpa membeda-bedakan akan memberikan Anda imbalan yang besar di kemudian hari, mungkin bisa berkali-kali lipat.

Menjadi seorang pejuang dalam kehidupan

Sebagai ulama, ia dikenal sebagai ahli ilmu tasawuf, tauhid, kalam, falsafah, dan mantiq. Kartini menganggap bahwa Tuhan menciptakan laki-laki dan wanita sebagai makhluk yang sama, hanya bentuknya yang berbeda. Kartini yakin bahwa wanita memegang peranan penting dalam kehidupan suatu bangsa seperti ditulisnya dalam salah satu suratnya. Bersama-sama dengan Teuku Umar, Cut Nyak Dien menyusun strategi perjuangan. Ia membangkitkan semangat penduduk VI Mukim agar mereka berjuang mempertahankan daerah mereka dari serangan Belanda.

Sultan Baabullah menjadi sangat anti-Portugis dan bertekad mengusirnya dari wilayah Kesultanannya. Tekad ini dibuktikan dengan mengirim ekspedisi ke berbagai daerah seperti Ambon dan Buton untuk mengejar orang-orang Portugis. Ternate pun terbebas dari cengkeraman Portugis pada masa pemerintahan Sultan Baabullah sehingga berhasil menjadi sentral perdagangan rempah­ rempah yang mempunyai jaringan internasional. Perjuangan monumental beliau memindahkan Fakultas dan Rumah Sakit dari Klaten dan Solo ke Daerah Republik Indonesia .

Namun, kamu bisa melakukan hal positif yang berguna bagi bersama berikut ini. Dewasa ini sangat sedikit dari putra putri komponen anak bangsa yang memiliki semangat nasionalisme, bahkan rasa bangga menjadi bangsa Indonesia sudah tidak ada lagi karena sedikitnya prestasi bangsa ini dimata dunia internasional. Di tingkat pemerintahanpun rasa nasionalismenya juga menurun terbukti dengan alasan ekonomi international dan untuk go publik menjadikan perusahaan milik pemerintah yang notabene untuk mensejahterakan rakyatnya dijual ke investor asing. KOMPAS.com – Pelajar adalah salah satu warga negara yang berperan dan bertugas untuk mengisi kemerdekaan.

Nasionalisme Indonesia adalah nasionalisme yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan, adanya perasaan bangga / cinta terhadap bangsa dan tanah airnya dengan tidak memandang bangsa lain lebih rendah derajatnya. Dalam membina nasionalisme harus dihindarkan paham kesukuan chauvinism, ekstrimisme, kedaulatan yang sempit. Pahlawan nasional wanita berikutnya ialah Martha yang lahir di Maluku, four Januari 1800. Ia dikenal sebagai wanita gagah berani yang turut meangangkat senjata untuk melawan penjajah Belanda. Berjuang bukan hanya menggunakan kekuatan fisik saja, Kartini menunjukkan perjuangan dengan kegigihannya dalam mendirikan sekolah wanita dan tulisan-tulisan hebatnya. Pelajar harus menjadi pribadi yang tanggung, rajin, pantang menyerah, pekerja keras, kreatif dan cinta tanah air untuk berlangsungnya kemajuan suatu negara.

Sebagai keluarga bangsawan, diusia 12 tahun Kartini harus ”dipingit” (tidak babas keluar rumah dan batas-batas tembok kabupaten) sehingga merasa terbelenggu dengan tradisi itu. Kapitan Pattimura adalah seorang pemimpin yang berwibawa dan penuh kharisma. Dalam perlawanannya melawan penjajahan Belanda, Pattimura dikenal cerdik dan mampu menghimpun kekuatan besar rakyat Maluku sehingga mempersulit pergerakan Belanda di Maluku.

Tuanku Tambusai bersama pasukan antara tahun 1834 – 1837 berhasil menghalangi Belanda memusatkan kekuatannya untuk merebut Bonjol di daerah Rao dan Dalu-Dalu. Untuk melawan Pangeran Sambarnyawa Belanda melakukan politik adu domba. Ia terpaksa menghadapi pasukan Surokarto dan Ngayogyakarto yang didukung oleh pasukan Belanda. Pada tanggal 24 September 1684 dikejar oleh pasukan Belanda pimpinan Jacob Couper untuk ditangkap. Memerintahkan perjuangan melawan penjajah dengan menyerang Batavia 1628, 1629.

“Mereka memasang foto di dalam kertas tugas kemudian menuliskan sifat-sifat mereka yang bisa diteladani, seperti semangat berjuang, cerdas, jujur, pemberani, patriotisme”. Kalau kita cermati pemikiran Kartini, ternyata bidang pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena bidang ini merupakan kunci untuk meningkatkan kecerdasan dan kemajuan. Terutama kaum wanita, harus membebaskan dirinya dari keterbelakangan atau kebodohannya melalui pendidikan. Dengan pendidikan, kaum wanita akan mengetahui hak dan kewajibannya, apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan, serta bisa diajak untuk mengambil keputusan.

Melalui kesepakatan, akhirnya Ki Cakrabumi terpilih sebagai Kuwu Cirebon menggantikan Ki Pangalangalang dan mendapat gelar Cakrabuana memerintah 457 orang penduduk desa Cirebon. Ada syair Arab yang artinya, “ Barang-siapa yang berbuat sesuatu tidak didasarkan ilmu, amal perbuatannya itu tidak akan diterima oleh Allah”. Sedikit keterangan bahwa orang yang memegang agama itu sama dengan orang yang memegang negara. Apabila ia dapat memegang agama, ia akan dapat memegang negara, tetapi tidak sebaliknya orang yang dapat memegang negara, belum tentu ia akan dapat memegang agama. Di tempat baru tersebut, Syekh Nurjati giat berdakwah sebagai dai’ mengajak masyarakat untuk mengenal dan memeluk agama Islam. Setelah mendengar tentang agama baru itu, orang-orang berdatangan dan menyatakan diri masuk Islam dengan tulus ikhlas.

2.sebagai ciptaan Allah manusia dipermukaan bumi ini mesti mengabdi untuk Allah dan minta tolong hanya untuk Allah agar hidup berdasarkan dengan perintah Allah untuk selamat lingkungan kehidupan dan akhirat. Ditegaskan kembali bahwa untuk menjadi seorang pahlawan kita juga harus selektif terhadap informasi yang kita terima. bagi Firdhaussi, informasi yang kita terima akan cenderung mempengaruhi kehidupan kita. Selain itu, kita juga tidak boleh terjebak dengan sesuatu yang besar. Di hadapan para peserta seminar, Emi Zulaifah melalui materinya Memaknai Kepahlawanan, mengemukakan bahwa pahlawan memiliki makna yang sangat luas.

Qhulxma