Minim Modal Bukan Penghalang Rintis Usaha

Kadangkala para pemula dalam dunia bisnis, tergesa-gesa ingin membesarkan bisnis dengan menggelontorkan modal banyak. Misalnya, baru saja memulai bisnis makananonlinedan memiliki pelanggan tetap, sudah tergesa menyewa ruko untuk berjualan secara offline. Di tengah kondisi pandemi yang membuat perekonomian lesu darah seperti sekarang, semua langkah ekspansi bisnis perlu dihitung lebih cermat dan tidak bisa ditempuh tergesa-gesa. Setelah mengetahui apa masalah yang dihadapi pasar, sekarang kerucutkan masalah atau hambatan yang dialami calon konsumen untuk mencapai sesuatu yang mereka inginkan. Kamu bisa mendiskusikan hal ini dengan rekan bisnismu saat brainstorming, atau analisis sentimen dari media sosial. Ada dua jenis produk yang bisa kamu tawarkan untuk konsumen, yaitu dalam bentuk barang dan jasa.

Kamu bisa gunakan momentum tersebut untuk semakin mengakselerasi bisnis kamu. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior atau mencari cara untuk bertahan. Kamu harus pastikan bisnis yang sedang kamu kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Memulai Bisnis

Dalam menjalankan bisnisnya, Alison dan Susan bekerja keras dengan jam kerja yang panjang, terutama pada masa awal bisnis mereka. Namun, karena keduanya sama-sama bekerja didorong oleh semangat untuk berhasil sehingga satu sama lain tidak pernah timbul perasaan iri hati atau merasa bekerja lebih keras dari yang lain. Ketika bisnis berkembang, mereka memastikan bahwa semua orang yang mereka sewa sama-sama termotivasi.”Penting untuk memperkerjakan orang penuh penuh gairah, inspirasi dan pintar,”ujar Susan.

Kamu bisa melakukan analisis preferensi ini dengan meminta testimoni atau pendapat dari orang-orang di sekitarmu terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan. Akan lebih baik lagi jika kamu menemukan orang dengan masalah serupa dengan yang dialami pasar. Jenis yang satu ini dapat kamu lakukan jika kamu mempunyai modal dan peralatan yang memadai untuk produksi. Setelah itu, produk buatanmu dapat dijual melalui beberapa platform berjualan yang akan dibahas di sini. Tapi, pertimbangkan pula untuk menyimpan dan menghitung bahan produksi atau stok barang yang sudah siap dijual.

Bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan, ditambah kopi sebagai pelengkap adalah menu sederhana yang punya nilai jual tinggi. Bisnis ini termasuk ke dalam golongan bisnis dengan perputaran modal yang cepat. Tetapi patut untuk diwaspadai, jangan sampai terbuai oleh keinginan untuk mencari keuntungan besar dengan cepat. Karena bisnis ini juga melibatkan persaingan yang ketat, jadi sebaiknya berikan harga yang kompetitif sehingga kios pulsa Anda tidak ditinggalkan oleh konsumen karena harga yang terlalu mahal. Modalnya juga relatif mudah dan murah, antara lain adalah laptop dan koneksi web.

LONDON, KOMPAS.com – Saat ini, semakin banyak generasi muda yang lebih memilih menjalankan usahanya sendiri ketimbang bekerja di sebuah perusahaan. Langkah ini bisa menjadi antisipasi terhadap tantangan yang bisa saja terjadi di tengah perjalanan bisnis. Menyiapkan diri akan kemungkinan terburuk juga bisa memudahkan kamu mengambil sikap saat rencana tidak berjalan sesuai dengan keinginan. Setelah sudah memilih usaha, langka kedua adalah pikirkan modal.

Jika hasil fisik memang dibutuhkan, maka mesin cetak atau printer termasuk ke dalam modal yang diperlukan. Internet adalah modal pokok yang perlu ada dan bisa digunakan untuk melakukan riset yang diperlukan dalam proses penerjemahan, seperti mencari definisi suatu kata dan lain sebagainya. Pengeluaran biasanya dilakukan untuk sewa tempat Rp2 juta, untuk membeli peralatan Rp5 juta, dan untuk biaya operasional termasuk gaji pegawai Rp3 juta. Anda bisa memulai menjalankan bisnis ini cukup dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis, dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung, misalnya timbangan, plastik, dan setrika, serta gaji seorang pegawai.

Qhulxma