Mengajarkan Anak Untuk Menghargai Orang Lain

Anak introvert memiliki penanganan yang tidak sama dengan anak lainnya. Jika anak lain suka menceritakan apa yang ia alami di sekolah, anak introvert cenderung lebih suka menyendiri di kamar. Ia akan memikirkan hal-hal yang telah ia lewati seharian. Sebagai orangtua, Anda hanya perlu membiarkannya beristirahat tanpa harus memaksanya untuk bercerita. Namun tidak ada yang salah dengan anak berkepribadian introvert. Mereka dapat tumbuh dengan baik dengan pola asuh yang tepat.

Indonesia adalah negri yang terbentuk atas beberapa banyak pulau dan setiap pulau pasti memiliki berbagai macam budaya. Oleh karena itu, kita harus menggembangkan sikap toleransi. Karena saling terlibat dan membutuhkan, kita perlu memiliki sikap menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Pengalaman untuk bersosialisasi dan memberikan dampak sosial yang positif yang dimana pengalaman tersebut banyak saya dapat selama berorganisasi yang kerap kali diaplikasikan saat bekerja.

Tak bisa dimungkiri, rasa hormat dan menghargai merupakan satu di antara unsur terpenting dalam hubungan apa pun. Anak introvert akan merasa kesendirian adalah zona nyamannya. Sebagai orang tua perlu membantu anak untuk keluar dari zona nyaman mereka. Bukan mengubah, melainkan membantu anak agar dapat terbuka dengan lingkungan sekitar secara perlahan. Saat anak telah berusaha berinteraksi dengan orang lain, keluarkan kata pujian untuknya.

Menghargai orang

Begitu juga dengan dirimu yang tidak lepas dari kekurangan. Apakah orang lain menghargai pendapat yang kita berikan, meskipun sangat berbeda dengan sudut pandang mereka? Apakah mereka akan meminta pendapat kita saat melakukan sebuah perubahan pekerjaan? Pada usia sekolah dasar, pemahaman anak akan standing sosialnya serta teman-temannya juga makin meningkat.

Dunia ini bukan hanya tentang dirimu saja, bukan juga milikmu sendiri, jangan merasa hebat dan menjadi sombong hanya karena kamu memiliki satu atau dua kelebihan. Semakin rendah kamu meletakkan hatimu, semakin tinggilah kamu menjadi, kamu bisa memandang orang lain sejajar denganmu, atau bahkan lebih tinggi namun tidak membuatmu iri. Lemparkan kata-kata yang positif saat orang lain menunjukkan karyanya. Tak perlu ragu bila Anda ingin menambahkan sedikit ulasan senyum, acungan jempol, tepuk tangan, jabat tangan, dan pelukan erat.

Seri webinar Indonesia #MakinCakapDigital terbuka bagi siapa saja yang ingin menambah wawasan dan pengetahuan mengenai literasi digital, sehingga sangat diharapkan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat. Rangkaian webinar ini akan terus diselenggarakan hingga akhir 2021, dengan berbagai macam tema yang pastinya mendukung kesiapan masyarakat Indonesia dalam bermedia digital secara baik dan etis. Para peserta juga akan mendapatkan e-certificate atas keikutsertaan webinar. Untuk info lebih lanjut, silakan pantau akun Instagram @siberkreasi.dkibanten. Seperti yang dikatakan oleh Presiden Joko Widodo, “Literasi digital adalah kerja besar. Perlu mendapatkan dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital.” Ia juga memberikan apresiasi pada seluruh pihak yang terlibat dalam Program Literasi Digital Nasional.

Sikap hormat juga perlu diterapkan dalam sebuah keluarga dan kehidupan bermasyarakat. Peran keluarga untuk mewujudkan sikap saling menghormati satu sama lain sangat penting. Alasannya, bahwa setiap orang tentu ingin dihormati, begitu pun diri kita sendiri.

Orang lebih layak dihargai atas prestasi dan eloknya sosok kepribadiannya. Pada tahap awal, anak dan remaja dunia terpaku pada “budaya kemas”. Tradisi masyarakat berkasta, feodalis, dan kapitalis, yang cenderung melihat orang dari apa yang dimiliki, dan bukan apa ‘isi kepala’ dan kepribadiannya.

Qhulxma