Melek Finansial Sejak Dini

Tanpa disadari, menabung dalam toples atau wadah kaca tembus pandang bisa menyugesti kita untuk terus semangat menabung karena kita terus melihat jumlah uang dalam wadah bertambah. Sebagai implementasi Perpres tersebut, Otoritas Jasa Keuangan menginisiasi “Bulan Inklusi Keuangan ” yang dilaksanakan secara Nasional oleh OJK bersama dengan Industri Jasa Keuangan dan Stakeholders lainnya. “Tentu kalau ada kebutuhan dana yang disiapkan, bisa sisihkan dari sekarang sehingga bisa mencukupi kebutuhan. Jadi macam-macam fitur yang kami siapkan,” kata Handayani. Untuk meningkatkan literasi masyarakat, termasuk generasi milenial BRI terus melakukan edukasi. Pasalnya, pandemi menyadarkan bahwa ada sesuatu yang tidak terduga bisa terjadi kapan saja dan periodenya tidak bisa diperkirakan.

Kebiasaan menabung sejak dini ini dapat membentuk kebiasaan dalam mengatur dan merencanakan keuangan saat anak Anda dewasa nanti. Anda juga bisa mengarahkan anak Anda untuk memiliki target, seperti membeli mainan atau liburan bersama Anda. Jika usia anak sudah besar, tak ada salahnya mengajak anak menabung ke bank agar lebih aman. Cara menabung anak sekolah ini dapat membuat anak merasa senang karena ia melakukan kegiatan yang biasanya hanya dilakukan orang dewasa.

Pentingnya menabung

Jika anak sangat menginginkan sesuatu yang mahal, dan uang tabungannya masih belum cukup untuk membelinya, ajarkan ia untuk membantu pekerjaan rumah dengan reward. Hidup tenang dan nyaman di hari tua, sudah menjadi dambaan setiap orang. Untuk itu, sedari muda, kita perlu mempersiapkan masa pensiun yang matang. Risiko yang satu ini tentu akan dialami oleh semua orang karena tak ada yang pernah tahu pasti, kapan dirinya akan berpulang. Data dariBPS menyebutkan bahwa usia harapan hidup di Indonesia pada umumnya adalah 71,5 tahun. Jika saat ini kita berusia 35 tahun, maka ada waktu kurang lebih 36 tahun lagi untuk mempersiapkan diri dan membekali keluarga yang kita tinggal. [newline]Dengan mencatat pengeluaran, membuat prioritas, berhemat, mencatat impian, disiplin dan komitmen sudah membuat kita selangkah lebih dekat dengan impian.

Memang betul bahwa kesuksesan atau kekayaan seseorang bukan hanya didasari oleh faktor seperti besarnya gaji atau tingginya jabatan seseorang. Terkadang sesederhana kebiasaan menabung pun menjadi faktor yang sangat berpengaruh dalam usaha untuk mencapai hidup yang lebih makmur dan nyaman. Memiliki pengalaman lebih dari 4 tahun di dunia online financing dan lending sebagai Content Marketer, sehingga dia sudah tidak asing lagi dengan dunia finansial dan investasi.

Dalam mengembangkan aplikasi CommBank Mobile, Bank Commonwealth melakukan riset terhadap goal penggunanya untuk mendapatkan masukan mengenai perilaku keuangan anak muda di Indonesia. Hasilnya, mayoritas responden berpendapat bahwa mereka sangat konsumtif dan kesulitan untuk menabung, serta tidak memiliki kebiasan yang baik sehingga menjadi boros. Tapi, mereka juga menyadari pentingnya menabung dan mereka merasa bisa menabung lebih banyak lagi dengan perangkat yang tepat dan dapat membantu memenuhi tujuan mereka. Responden yang merupakan anak-anak muda ini berharap aplikasi cell yang consumer friendly untuk membantu mereka mengelola keuangannya dengan lebih baik lagi. Selain membantu mereka untuk menjadi sukses di masa depan, kebiasaan menabung juga menopang beberapa sifat dan kebiasaan baik lainnya untuk kepribadian anak.

“Kemarin aku ingin punya mobil dan aku tahu, kalau aku cuma punya pemasukan dari kerja tetapku ini, aku tahu ini bakal gempor banget untuk mengeluarkan uang. Karena ada hal lain lagi untuk prioritas aku,” ucapnya. SONORABANGKA.ID – Pesinetron Gisela Cindy mengatakan pentingnya passive earnings saat menabung. Menurut wanita berusia 26 tahun ini, pemasukan sampingan akan sangat membantu untuk rencana tabungan dan keuangannya. Untuk Moms yang merasa menabung harian terlalu berat, coba deh tentukan satu tanggal tertentu dan disiplin untuk menabung di tanggal tersebut.

Tanpa basa basi lagi, yuk kita bahas 5 manfaat menabung sejak usia dini. Keadaan darurat memang tidak dapat dihindari oleh siapapun seperti sakit dan membutuhkan perawatan yang tentunya membutuhkan dana tidak sedikit, sehingga mau tidak mau berhutang lah yang menjadi jalan paling mudah. Seperti berhutang ke bank, padahal berhutang ke bank bunganya cukup tinggi dan prosesnya pun sulit untuk pengajuan ataupun pembayarannya. Dengan menabung kamu tidak lagi perlu takut mengalami hal-hal seperti diatas.

Banyak sekali manfaat yang bisa anak dapatkan ketika belajar menabung, salah satunya agar mereka bisa menghargai usaha untuk mendapatkan uang, dapat mandiri saat dewasa serta tidak mudah terlilit hutang. Inilah mengapa sangat penting untuk Sobat Lakuuu menerapkan kebiasaan menabung sejak dini. Karena, disiplin tak akan terbentuk dengan mudah seperti membalikkan telapak tangan.

Salah satu cara untuk menabung, menurut pria yang kerap disapa Raymond itu adalah dengan berinvestasi. Dia menyebutkan ada beberapa alasan mengapa seseorang perlu berinvestasi. Seiring dengan bertambahnya waktu, Raymond menuturkan harga barang dan jasa akan naik. Oleh karena itu, ketika seseorang menabung uangnya hanya di bank atau celengan, maka nilai dari uang itu akan semakin melemah. Selanjutnya yaituOpportunity Costatau hilangnya waktu yang tidak bisa diulang.

Qhulxma